PerformancingAds

Thursday, October 09, 2008

Bursa di suspend?


Kemarin siang, saudaraku kirim message yang cukup mengagetkan. dia bilang "BEJ di suspend". waiks... langsung cari informasi dan cari berita. ternyata memang benar, Bursa Efek Indonesia (dulunya BEJ, red.) di suspend. yang di suspend bursa pak, bukan saham tertentu. apa ndak dahsyat itu.

wah, sepanjang sejarah Bursa Efek Indonesia, yang aku tahu, baru pertama kali ini perdagangan di bursa dalam arti secara keseluruhan dihentikan sementara sampai waktu yang tidak ditentukan. sebelumnya memang bursa pernah disuspend, namun hanya satu sesi perdagangan karena ada bom di basement BEJ. itu artinya banyak man. semua perdagangan lho yang dihentikan. bayangkan orang yang sudah ngenes banget pengen ngelepas sahamnya karena harga sahamnya turun terus harus berwas-was ria karena ndak bisa menjual sahamnya.

namun hal ini menguntungkan juga karena apabila nanti saat perdagangan di bursa dibuka kembali, bukan tidak mungkin harga sahamnya akan beranjak naik lagi.

kenapa ya otoritas bursa mengambil keputusan itu?

bila dilihat dari apa yang terjadi di negara-negara yang saat ini sedang panik bursanya karena banyaknya perusahaan yang harus bangkrut oleh kerugian keuangan berupa utang yang besar, dan bila dilihat juga bahwa investor asing begitu banyaknya yang bermain di bursa kita, maka saat ini adalah saat dimana para investor asing itu menjual semua aset mereka di bursa kita untuk menutupi dan menjaga keuangan mereka disana.

dampaknya adalah para investor lokal baik perorangan maupun institusi, dimana harga saham yang mereka pegang di bursa kita mengalami penurunan yang sangat-sangat signifikan. sehingga mau tidak mau mereka ikut panik menjual saham-saham mereka daripada harus menahan dan mengalami kerugian yang berkepanjangan.

bila diperhatikan dari semenjak sebelum puasa, bahkan semenjak awal Juni, index bursa belum pernah naik kembali. terus bergerak turun, semakin turun dan terus turun. puncaknya adalah pada perdagangan selasa kemarin, dimana hanya pada sesi pertama index bursa meluncur sampe 168,052 poin menjadi 1.451,699 dimana angka ini mendekati angka index bursa pada bulan September 2006.

hanya dengan menghentikan bursa untuk sementara waktulah, semua perdagangan saham di bursa Indonesia bisa diselamatkan.

langkah yang diambil otoritas bursa sangat tepat, yaitu untuk menghindari kepanikan yang akan terus berlanjut, yang juga akan mengakibatkan tumbangnya Bursa Efek Indonesia bila langkah ini tidak diambil secepatnya.

semua ini merupakan efek berantai dari gejolak ekonomi yang berawal dari Amerika sana. mudah-mudahan efek berantai ini tidak mengakibatkan pergolakan ekonomi di dalam negeri kita.

Labels:

Comments on "Bursa di suspend?"

 

Blogger Rahmi Imanda said ... (9:12 AM) : 

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'Bursa Efek Indonesia' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1231/1/10207592.pdf
semoga bermanfaat ya

 

Blogger kingkong said ... (8:13 AM) : 

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

 

post a comment