PerformancingAds

Monday, May 01, 2006

Tujuan Cikampek

Akhir minggu kemarin, aku melakukan perjalanan ke cikampek. ada acara keluarga, syukuran kembalinya mbu rian dari bermukim di luar negeri. rencananya mau berangkat hari sabtu, makanya hari jum'at aku mengambil cuti. tapi, karena fakhrul sakit (mungkin karena kecapean dan kurang minum jadinya demam), maka rencana malam sabtu nginep di rumah ua tidak jadi. akhirnya diputuskan untuk berangkat ke cikampek hari minggu.

Aku jadi bisa bermain badminton lagi setelah minggu sebelumnya tidak bisa main karena menyambut kepulangan mbu rian. malam minggu main badminton dengan kondisi yang kurang enak. badan jadi kurang sigap dalam bergerak. ehm.. ternyata tidak main badminton 1 kali bikin badan kurang nyaman. walaupun begitu, aku masih sempat bermain 2 set, menang 1 set, kalah 1 set.

Pagi harinya, yang rencananya pergi jam enam, kita pergi jam tujuh lebih, hampir setengah delapan. tujuannya ke balong di cikampek. dan karena tidak pengen naik kendaraan umum, akhirnya kita naik motor. hehehe.. sekalian ngajak memeng (begitulah fakhrul memanggil motorku) jalan jauh keluar kota. perjalanan lumayan santai. karena masih pagi, dan jalannya bagus, waktu tempuhnya mencapai 1,5 jam.

Sampai balong, belum banyak yang datang. papah mamah sudah disana dari hari jum'at. mbu rian dan rian, juga mia sudah disana dari hari sabtu. karena dari rumah belum makan, begitu sampe langsung minta soto. asyik juga.

Acara dimulai setelah semua keluarga yang diundang berkumpul. ada acara sambutan, cerita mbu rian waktu di sana, dan beberapa informasi terkini dari anggota keluarga yang lain. setelah ditutup dengan doa, akhirnya semua dipersilahkan makan.

Selesai makan, aku mulai merasa ngantuk. oleh umi, aku dicarikan tempat yang enak untuk tidur, kebetulan ada saung kecil yang enak didekat dapur. asyik, bisa tiduran disitu. lumayan juga aku bisa terlelap, walaupun sempat terganggu oleh ponakan dan sepupu yang ikutan ngobrol di situ.

Jam dua lebih, aku terbangun. hehehe... belum sholat dhuhur. kebetulan umi juga nyariin, karena papah mamah minta dianterin pulang ke subang. ehm... pake kendaraan siapa ya? o iya, pake kendaraan mamang. alhasil, jadilah aku dan umi mengantar pulang papah mamah ke subang. lewat pantura tentunya, karena ternyata pantura sudah bagus lagi sampe ke pamanukan.

Setelah menempuh perjalanan 1,5 jam sampailah di rumah. setelah sholat dan istirahat sebentar, langsung jalan lagi, karena mamang mau pulang cepat hari ini. jadinya kami harus sampe di balong sebelum malam tiba. perjalanan pulang lumayan cepat, mobil aku ajak lari rata-rata 95km/jam.

Masuk cikampek, bekas hujan masih baru. rupanya hujan besar baru selesai turun. aku sempat berpikir, jangan-jangan nanti kita pulang kehujanan. Alhamdulillah sampe balong, sudah reda. pas maghrib sampe balong. sempat istirahat sebentar, sholat, dan makan, perjalanan pulang ke bekasi pun dimulai.

Ternyata jalan cikampek-karawang-cikarang tidak sebagus waktu kita berangkat. pada lajur tengah banyak lubang sehingga harus extra hati-hati. kalo waktu berangkat, memeng bisa lari sampe 80km/jam. ketika pulang hanya aku larikan 50-60km/jam. bukan apa-apa, jalanannya basah karena bekas hujan dan juga lubangnya banyak dan lumayan lebar.

Ketika di daerah Lemahabang, tiba-tiba bis di depanku berhenti, dan dari sebelah kiri (kebetulan itu merupakan pangkalan truk-truk pasir) banyak orang berlarian ke depan bis. tadinya aku berpikir itu adalah tukang ojek yang mendekati penumpang yang turun dari bis. ternyata, mereka berlarian bukan ke bis, tapi ke depan bis. rupanya ada sepeda motor yang terjungkal di lajur tengah karena lubang. untungnya bis yang berada persis dibelakang motor itu, masih berjalan pelan setelah menurunkan penumpang beberapa puluh meter sebelumnya. Sepertinya pengendara dan pembonceng motor itu tidak apa-apa.

Setelah melewati lokasi, aku makin extra hati-hati. lampu jauh lebih sering dipergunakan untuk mengantisipasi lubang yang ada didepan. umi pun sibuk membantu mengawasi jalan. setelah masuk cikarang, aku kira jalanan akan lebih terang karena adanya lampu jalan di tengah pemisah jalan. ternyata tidak ada. jalanan tetap gelap, karena lampu penerangan jalan hanya ada di sisi jalan.

Beberapa ruas jalan sempat tergenang air hujan. lubang pun semakin tidak terlihat, dan tingkat konsentrasi makin ditingkatkan. begitu ketemu jalan masuk tol cibitung, kami pun berbelok ke arah kalimalang. sempat berhenti di pom bensin untuk ngisi bahan bakar, perjalanan pun dilanjutkan melalui kalimalang.

Ternyata serasa sebentar ya dari cibitung ke bekasi timur melalui pinggir kalimalang. kemudian belok kiri di unisma, dan akhirnya sampai kembali ke rumah. ternyata di bekasi pun bekas hujan masih basah. berarti hujan cukup besar dan merata. karena aku masih melihat bekas banjir di sisi unisma.

Perjalanan pulang ditempuh hampir dua jam. Ini bisa dimaklumi karena perjalanan malam memerlukan kondisi ekstra hati-hati. disamping kondisi jalan yang tidak sebagus waktu kita berangkat menuju ke cikampek.

Begitu sampai rumah, langsung mandi (lagi), sholat, makan malam (lagi) dan tidur. badanku terasa cape sekali. sedangkan besok harus berangkat pagi untuk menghindari kemacetan yang ditimbulkan oleh peringkatan MayDay. Alhamdulillah selama perjalanan, kami tidak kena hujan.

Comments on "Tujuan Cikampek"

 

Blogger Sisca said ... (6:55 PM) : 

KangHadi, yang penting sdh sampe di rumah dengan selamat dan berkumpul dgn kelaurga..hari yg melelahkan biarlah lewat membalut kenangan :)

 

Blogger dahlia said ... (12:11 PM) : 

Wah...ngak mampir neh, Pak.
pas nyampe karawang...:D

 

Blogger F2KU said ... (10:41 AM) : 

Kang kalau kesasar dikelender mah mampir aja atuh kerumahku di rumah susun klender n ketemu sama adik2 dirumah nti dikasih minum deh kalau cape

 

post a comment