PerformancingAds

Friday, September 08, 2006

Hikmah

sering orang berkata bahwa di setiap kejadian pasti ada hikmahnya. dan sering pula orang berkata "jangan terlalu dipikirkan, ambil saja hikmahnya". namun timbul satu pertanyaan, sebetulnya apa itu hikmah?

hikmah adalah kemampuan untuk menggali makna dari suatu hal atau kejadian, bisa juga berarti suatu pelajaran yang dapat dijadikan pedoman kehidupan. berdasarkan arti kata tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa dalam setiap kejadian pasti ada sesuatu yang bisa diambil sebagai pelajaran.

namun terkadang untuk mengetahui atau mendapatkan hikmah itu, tidak semua orang bisa. karena untuk bisa mengetahui atau mendapatkan hikmah atas suatu kejadian, diperlukan sikap dan sifat pasrah, menerima apa yang sudah terjadi. karena dengan sikap dan sifat pasrahlah, seseorang baru bisa melihat hikmah dari suatu kejadian.

pertanyaan selanjutnya adalah untuk siapakah hikmah dari kejadian itu?

kadang orang tidak melihat bahwa sebetulnya kejadian itu ditujukan untuk orang lain bukan dirinya. kenapa begitu, karena bisa jadi dari kejadian tersebut, Sang Khaliq ingin memberikan suatu pembelajaran kepadanya. memberikan peringatan kepadanya. tapi melalui perantara orang lain.

bagaimana bisa tahu bahwa hikmah itu sebenarnya untuk diri kita bukan untuk orang lain?

dengan melakukan instropeksi diri atas kejadian yang dihadapi, apakah dari kejadian tersebut kita melakukan suatu kesalahan atau tidak, atau adakah kelakuan kita yang menyebabkan terjadi kejadian tersebut. kalo ternyata apa yang kita lakukan sudah benar dan orang lainlah yang berbuat salah, berarti sebenarnya hikmah kejadian itu adalah untuk orang lain.

kalo begitu tidak ada hikmah buat diri kita?

tentu ada, mungkin kita diminta untuk lebih bersabar, lebih tawakkal dan bisa jadi kejadian itu hanya merupakan ujian untuk meningkatkan kadar keimanan kita.

jadi, hikmah sebuah kejadian itu pasti ada dan setiap orang yang terlibat akan memperoleh hikmahnya masing-masing. dengan catatan hanya karena pasrah menerima, maka hikmah itu baru bisa didapat dan dimengerti.

Comments on "Hikmah"

 

post a comment