PerformancingAds

Friday, August 10, 2007

Milih Gubernur

pada hari rabu kemarin, warga ibukota negara ini melaksanakan pemilihan kepala daerah (basa kerennya Pilkada). hampir semua kantor meliburkan karyawannya demi terselanggarakan pemilihan ini dengan lancar. walaupun tidak semua karyawan tinggal dan menetap di Jakarta, namun tetap kantor-kantor tersebut meliburkan diri pada hari itu.

untuk pemilihan pada tahun ini, hanya terdiri dari 2 kandidat cagub-wagub, pertama Adang-Dani dan Fauzi-Prijanto. pasangan pertama hanya didukung oleh satu partai, sedangkan pasangan kedua didukung oleh sembilan belas partai (mohon dikoreksi kalo salah).

secara logika orang awam, sudah pasti dong pasangan Fauzi-Prijanto pasti akan menang. lihat saja dukungannya. namun hal yang cukup mengejutkan adalah jumlah pemilih dari keduanya hanya berbeda tidak terlalu jauh.

bayangkan, hanya dengan didukung oleh satu partai dapat memperoleh suara pemilih lebih banyak dari perhitungan orang awam. logikanya *itungan kasar aja ya*, kalo ada dua puluh partai sama dengan 100% berarti porsinya untuk tiap-tiap partai adalah 5%. jadi kalo sembilan belas partai, harusnya 95% suara bisa dipegang.

namun yang terjadi adalah, dukungan hanya satu partai dapat memperoleh suara sampai lebih dari 40%. sedangkan yang mendapat dukungan lebih banyak partai hanya memperoleh suara hanya lebih dari 50%. bukan main, benar-benar diluar dugaan.

walaupun secara kandidat, Adang-Dani harus mengakui kekalahan suara atas Fauzi-Prijanto, namun secara partai boleh dikatakan partai pengusung Adang-Dani menang.


Labels:

Comments on "Milih Gubernur"

 

post a comment