PerformancingAds

Thursday, September 13, 2007

Syarat terjadinya Tsunami

Semalam terjadi gempa yang cukup menggetarkan kota Jakarta. kejadiannya jam 18:10 WIB. kebetulan pas kejadian, aku sedang sholat berjamaah. pas sedang sholat, koq kamar gudang sebelah rame banget, plus ada suara langit2 yang beradu. begitu sholat selesai, baru tahu kalo ada gempa.

ternyata sumber gempanya di Bengkulu, dengan kekuatan 7,9 skala Richter pada kedalaman 10km. BMG sempat mengeluarkan peringatan akan kemungkinan adanya Tsunami. Alhamdulilah tidak terjadi.

Pas hari ini liat-liat websitenya detik.com, aku membaca tentang syarat terjadinya tsunami, yang katanya kalo tidak terpenuhi salah satu dari syarat itu, maka tsunami tidak akan terjadi.

Nah, syarat terjadinya tsunami adalah :
  1. kekuatan gempa di atas 6,4 SR
  2. kedalaman sumber gempa lebih dangkal dari 60 - 70 km
  3. sumber gempa berada di bawah laut
  4. terdapat kolom air yang cukup
  5. terjadinya gerakan patahan bumi vertikal
baru saja aku liat di websitenya BMG, ternyata gempa susulan yang terjadi di Bengkulu sudah mencapai 24 kali terhitung semenjak jam 00:00 WIB dan itu terjadi pada hari ini saja. belum dihitung kalo dari kemarin malam.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun... Ya Alloh, berikan kekuatan pada saudara-saudara kami yang tertimpa musibah ini. berikan mereka ketabahan dalam menerima ujian ini. semoga Engkau jadikan mereka hamba-hambaMu yang taat. amin.

Sumber: www.detik.com

Labels:

Comments on "Syarat terjadinya Tsunami"

 

post a comment