PerformancingAds

Monday, January 30, 2006

Bencana Alam

Aku sedih akhir-akhir ini. karena aku melihat begitu banyaknya cobaan berupa bencana alam. mulai dari tanah longsor sampe banjir. dan sepertinya memang akhir-akhir ini, alam mulai menunjukkan kemarahannya melihat ulah manusia yang sudah tidak mau menghargai alam lagi.

Betapa tidak, kalo kita lihat kembali ke belakang, sebenarnya saat ini adalah akibat dari apa yang telah manusia lakukan terhadap alam. lihat betapa dulu penebangan hutan tidak dikontrol dengan baik. lihat dulu betapa penambangan liar dimana-mana. lihat dulu betapa sampah begitu banyakknya dipinggiran kali.

Belum ditambah dengan efek rumah kaca yang katanya meningkatkan panas suhu bumi. yang ditambah lagi dengan penggunaan zat freon (kalo tidak salah) yang waktu itu sering dipergunakan untuk mesin pendingin.

Nah, bila kita melihat hal-hal tersebut. sebetulnya kita tidak perlu heran melihat gejala alam yang ada sekarang. betapa musim sudah bergeser dari aturan sebenarnya, alias musim sudah tidak bisa diprediksikan lagi. kalo dulu BMG bisa memperkirakan cuaca itu untuk jangka waktu seminggu. sekarang mungkin BMG harus dapat memperkirakan cuaca itu dalam hitungan hari. mungkin jam, atau bahkan mungkin menit.

Perubahan alam yang kita rasakan sekarang ini sudah diluar batas kewajaran. kenapa begitu? karena pergerakannya sudah tidak bisa diprediksi lagi. hujan sudah sedemikian derasnya akhir-akhir ini. Jakarta pun sudah mulai merasakan banjir lagi (seperti tadi pagi yang menyebabkan kemacetan dimana-mana). bahkan daerah pantai utara Jawa yang tadinya tidak pernah banjir (CMIIW) sekarang kebanjiran. contohnya daerah Pamanukan, Subang.

Selain itu, salju di kutub baik di utara maupun selatan, sudah mulai mencair. bahkan katanya, salju abadi di puncak Jaya Wijaya, Papua sana sudah mulai mencair juga. Ini kan pertanda bahwa sudah terjadi pemanasan suhu secara global yang saking panasnya sampe salju abadipun mulai mencair.

Aku jadi rada ngeri juga, dan jujur saja aku langsung teringat dengan film The Day After Tomorrow. dimana dalam film itu diceritakan salju kutub utara mencair yang mengakibatkan setengah benua Amerika, benua Eropa, dan benua Asia mengalami perubahan suhu yang amat sangat drastis. bahkan terjadi badai dingin, dimana daerah yang terkena mata badainya akan mengalami suhu dingin yang dapat membekukan apapun yang dilewatinya.

Mungkinkah Alam sudah tidak bersahabat lagi dengan kita? Atau inikah teguran dari Yang Maha Pencipta terhadap keserakahan manusia? Silahkan direnungkan sendiri.

Comments on "Bencana Alam"

 

post a comment