PerformancingAds

Monday, February 20, 2006

Nikah Siri...?

Waktu hari sabtu kemarin, aku iseng mendengarkan acara entertainment. judul acaranya aku lupa, dan televisi mana, aku juga lupa. hehehe...

saat itu sedang menayangkan tentang gosip mayangsari. tanggapan dan omongan para selebrities dan paranormal sedang diexpose. ada seorang paranormal yang terkenal bilang begini ".... pernikahan siri itu tidak sah!..."

WHATT!!!! gubrakkkkkk!!!! aku langsung mencelat. kata siapa pernikahan siri itu tidak sah? atas dasar apa dia bisa bilang kalo pernikahan siri itu tidak sah?

Jujur saja, aku langsung tidak terima pendapat itu. karena kalo berdasarkan Islam (pernikahan siri memang adanya di Islam kan? CMIIW), sebuah pernikahan itu akan sah hukumnya apabila yang menjadi syarat pernikahan itu ada dan lengkap. syaratnya apa? ada wali yang menikahkan, ada mempelai pria dan wanita, ada 2 orang saksi, ada mahar, dan terjadi ijab qabul. itu syarat pernikahan. kalo itu terpenuhi, SAH HUKUMNYA!

kalo begitu engga perlu surat nikah dong?

Surat nikah itu adalah pernyataan secara hukum negara bahwa si A dan si B sudah menikah, dan tercatat sebagai sebuah keluarga baru di negara ini. kalo orang memandang bahwa pernikahan itu sah kalo ada surat nikah, maka itu pendapat yang kurang benar. kenapa? karena kalo pernikahannya secara Islam, maka dengan syarat yang terpenuhi di atas, itu sudah sah. walaupun tidak ada surat nikah atau tidak secara hukum negara.

Pantas saja begitu banyak kejadian orang memudahkan suatu pernikahan. karena beranggapan bahwa dengan nikah siri, orang lain tidak akan tahu. karena tidak tercatat dalam hukum negara, jadi kalo ada apa-apa engga bisa dituntut.

Memang bener sih, tapi walaupun orang lain tidak tahu, ALLOH TAHU! dan nanti di hari perhitungan semua akan diperhitungkan.

Jadi, mohon deh pada yang sering mengeluarkan pendapat, jangan asal ngucap. lihat dulu dasar hukumnya, liat dulu apa yang mau diomongkan. jangan mengambil kesimpulan dari satu sudut pandang saja. Maaf nih ya buat yang sudah berkomentar demikian. saya hanya ingin meluruskan saja.

Comments on "Nikah Siri...?"

 

Blogger KangHadi said ... (9:45 AM) : 

setuju bos. aku jadi sempat sewot juga gara-gara infotainment itu.

 

Blogger Ida Putra said ... (5:47 PM) : 

saya sih kurang begitu faham tentang nikah siri. sepengetahuan saya nikah siri memang sah dimata agama (dan memang yg terpenting). tapi saya juga berpikiran kalo nikah siri, saya malah kasihan dengan pihak perempuan karena tidak ada kekuatan hukum negara yang melindungi hak istri. malah saya pernah baca di liputan 6 (www.liputan6.com), adanya nikah musiman, dimana perempuan-perempuan dinikahi siri (malah katanya ada yg dengan penghulu jadi-jadian) dengan wisatawan asing dalam waktu tertentu, dengan kata lain kawin kontrak. kalau yg itu saya tidak setuju. akan tetapi bagaimanapun juga, kita harus melihat alasan mengapa keduanya (calon pengantin) melakukan nikah siri. kalo saya sih...mendingan nikah resmi aja (agama dan negara)..hehehehe...

 

Anonymous Anonymous said ... (2:20 PM) : 

Mungkin yg mas maksud adalah nikah agama.

Nikah sirri (diam-diam) memang tidak ada tradisinya dalam Islam. karena kita sangat disarankan mengumumkan pernikahan dg walimah.

Trackback :

http://achedy.penamedia.com/newsdetail-1101.html

 

Blogger KangHadi said ... (4:31 PM) : 

mungkin lebih tepat kalo disebut nikah secara agama. betul sekali Mas Edy. terima kasih atas koreksinya.

 

Blogger Unknown said ... (12:02 PM) : 

tapi, sebagai seorang wanita [yang belum menikah] saya tidak mau ah menikah secara siri, saya mah mau berjalan normal saja. dicatat scara hukum dan sah menurut agama..

NB: doain ya biar cepat menikah..amin [promosi euyy..]

 

Blogger KangHadi said ... (5:15 PM) : 

Memang sebaiknya nikah itu jangan disembunyikan. kan minimal tetangga, keluarga, kerabat, teman-teman harus diberitahu. Jadi ya jangan disembunyikan.

NB: Didoakanlah semoga cepat nikah. amin.

 

Blogger herman_hidayat said ... (12:27 PM) : 

kalo walinya masih ada tp dengan semena-mena dianggap mati lalu diganti dengan wali hakim, apakah itu sah? kan ridlo orang tua adalah ridlo Alloh, betul? apakah hanya karena alasan menghindari zina terus boleh nikah diam2 tanpa sepengetahuan orang tua dan orang lain, bukankan seharusnya nikah itu harus memberitahukan kepada orang lain bahwa mereka menikah, antara lain dengan adanya walimahan? gimana nih?

 

Blogger herman_hidayat said ... (12:28 PM) : 

kalo walinya masih ada tp dengan semena-mena dianggap mati lalu diganti dengan wali hakim, apakah itu sah? kan ridlo orang tua adalah ridlo Alloh, betul? apakah hanya karena alasan menghindari zina terus boleh nikah diam2 tanpa sepengetahuan orang tua dan orang lain, bukankan seharusnya nikah itu harus memberitahukan kepada orang lain bahwa mereka menikah, antara lain dengan adanya walimahan? gimana nih?ftj

 

Blogger sinta said ... (4:08 PM) : 

sebenarnya nikah sirih juga bagus kok,asal syaratnya dipenuhi,trus bikin surat pengantar dari lurah bahwa udah nikah siri.
ak sebenarnya juga nikah siri dengan cowokku,tapi sayangnya wali nikahku kakak aku sendiri krn ibuku blom sreg,jadi setelah nikah kami gak satu rumah,cuma tiap hari kami ketemu

NB.doakan ibuku setuju dgn hubungan kami ya...

 

Blogger Uni said ... (6:32 PM) : 

mbak shinta.. kayaknya kisahmu hampir sama dech denganku, aku uda 5 thn pacaran n jujur blum pernah "having sex" gilaa udah diubun - ubun nech, tapi ortu n keluargaku gak sreg ma cowokku. Nah kami sepakat untuk nikah sirih. Trus apakah nikah sirih jadi haram kalo gak ngasi tau ortu n keluarga???? please advisenya bagi yang punya ilmu ... help me yang udah ngebet pengen kawin tapi takut dosa :)

 

Blogger naresh said ... (10:35 AM) : 

nikah siri,mrupakn pertlian hubungan lawn jenis yang disahkn dn dihalalkan secra agma

 

Blogger naresh said ... (10:40 AM) : 

nikah siri,wujud pertalian hubungan lain jenis yang disahkan dan diijinkan oleh agama.tp gmna ya caranya?

 

Blogger aisyah said ... (12:29 PM) : 

saya udah menikah sirih dengan suami orang karena takut dikatakan ber zina....gawatnya dia tidak memberitahukan istri pertamanya dengan alasan takut untuk dipisahkan dengan anak2nya..kami hanya bertemu seminggu 2kali dan kalo weekend atau hari libur sudah jelas bukan jatah saya...saya berusaha sabar tetapi lama2 ya merana juga hehehe...ada yang bisa kasih comment?

 

Blogger aisyah said ... (12:32 PM) : 

nikah sirih? jujur saya juga udah nikah sirih dengan suami orang, karena takut dianggap ber zina maka kami memutuskan untuk menikah sirih....gawatnya suami saya tidak memberitaukan ini ke istri pertama dengan alasan kalo sampai ketauan istri pertama dan anak2nya akan meninggalkan dia...ada yang bisa kasi solusi...

 

Blogger Unknown said ... (4:10 PM) : 

agama membolehkan kita nikah siri, tp sbg kaum laki-laki jangan asal saja memudahkan.

 

Blogger honeymayree said ... (11:37 PM) : 

kebetulan saya sedang kesulitan mencari tau dmn tempat yang tepat untuk melakukan nikah siri itu...
bagi yang berpengalaman,saya minta bantuannya untuk berbagi infonya...
thanks before for anyone who can help!

 

Blogger nda_balLonz BIG B00bzZ-the konak gRlz said ... (2:18 PM) : 

sebagai wanita dewasa saya ingin menghindari hal2 yang menurut agama tidak boleh,,, maka dari itu saya ingin menikah siri tapi tempat dan alamat nya dimana ada yang bisa ngasih tau gak?
di tasikmalaya
dan di purwokerto kira2 ada gak?
dan dimana tempatnya?
mohon informasinya/....

 

Blogger adji_aja said ... (2:15 PM) : 

mau tanya nih??

dimana aja tempat di jakarta yang bisa menikahkan secara sir?
apa saja syaratnya?
berapa biayanya?

mohon yang berkenan untuk mengirimkan balasan ke imel saya.

thx b-4

rgds,
Adji
adji_me@yahoo.com
adji_aja@yahoo.com.sg

 

Blogger firman's blog said ... (11:52 AM) : 

buat seluruh wanita islam yang ada di indonesia
jangan mau di nikah siri
kalian akan di rugiak oleh hidung belang
setelah manisnya ditelan
ampasnya akan di buang begitu sajaudah banyak korban ko
rubishbinfirman.blogspot.com

 

Blogger Handy said ... (1:43 PM) : 

saya mau nanya, kalau nikah siri itu bedanya apa ya dengan kumpul kebo? terus biaya nya berapa? Thx

 

Blogger Jazari Abdul Hamid said ... (8:54 AM) : 

Nikah siri nikah bukan siri itu sama. Yang penting nikah sah. Ini namanya nikah sirik bukan siri. Jadi orang-orang yang nga bisa menikah lagi atau orang-orang yang tidak takut berdosa sirik melihat orang nikah yang tidak ada pestanya. Kalau orang kaya nga nikah siri, ya main perempuan tidak nikah, mana berdosa bung? Makanya liat dulu perbandingan atau kndisinya. Jangan asal keputusan haram atau apa ke.

 

Blogger BHRONEXTZ said ... (8:21 AM) : 

apa yang kita ributkan dalam hal ini ( nikah siri )saya setuju dengan pendapat kalau nikah siri itu sah hukumnya (agama ), dan saya juga setuju kalau harus nikah secara resmi agar ada payung hukumnya, tetapi saya sering dengar juga kalau buku nikah dapat diperjual belikan yang seseorang bisa saja mengisinya sendiri atau oknumnya, yang digunakan untuk mengelabui hukum sementara orang yang tertera dibuku nikah tersebut belum pernah melakukan pernikahan baik secara resmi maupun siri,jadi menurut saya masih mending nikah siri yang sah secara agama walau pun tidak sah secara hukum dari pada sah secara hukum tapi tidak sah secara agama ( zina )yang sama halnya dengan melakukan penipuan dokumen dan hukum.

 

Blogger bee said ... (1:59 PM) : 

askum...
aku pengen nikah siri ja ma clon swmiku,,kenapa nikah siri???
karna cln swmiku t ud punya istri,,jadi klwrgaku g stuju.
waliku wali hakim(karna aku lahir sebelum ortuku nikah) pula jdi klwargaku g prlu tau.
pertanyaanya,,boleh gak kalo aku nikah pake imam masjid,dia jadi penghulu sekaligus jadi waliku??

 

Blogger Tama said ... (9:35 AM) : 

ap sich sbnere maanfaat dr nikah siri itu???

 

Anonymous Anonymous said ... (9:47 AM) : 

seTuju bout pernikahan siri...apalaghi kalo kita dilarang menikah oleh pihak keluarga karena tidak setuju terus menerus tapi mo hingga kapan?
Bagi yang tau tempat pernikahan siri pliss email me : 9or9eou5.ayoe@gmail.com
Karena melihat dari usia saya yang sudah memasuki 30 tapi saya tetap dilarang menikah.

 

Blogger Unknown said ... (7:43 PM) : 

nice share gan, ikut nyimak

souvenir murah

 

post a comment