PerformancingAds

Monday, December 19, 2005

Pakaian... (2)

tulisan sebelumnya.

aku kadang suka heran sama wanita jaman sekarang, terutama wanita muda. ya mulai ABG sampe mereka yang bekerja di kantoran. baik yang single (terutama) ataupun yang sudah berkeluarga namun masih merasa dirinya muda.

coba deh diperhatikan cara wanita muda Indonesia sekarang berpakaian. terkadang jauh dari aturan kesopanan yang berlaku pada adat ketimuran di negara kita. yang lebih sering kita lihat adalah, mengenakan baju ketat, memakai rok pendek ketat dengan sekian puluh centimeter di atas lutut. (padahal dulu seingatku, waktu sma, kalo ada yang pake rok 10cm di atas lutut, pasti dipanggil sama guru). mungkin maksudnya biar kelihatan seksi kali ya? karena bagaimanapun juga pengaruh budaya barat, disadari atau tidak, sangat kuat akhir-akhir ini.

oke lah, kalo memang maksudnya ingin membanggakan apa yang dimiliki, tapi ya setidaknya jangan sampai kebablasan dong. kadang aku sendiri heran, untuk kemeja atas saja koq ya kenapa mesti irit sih bahannya. sampe saking iritnya, kalo salah satu tangan diangkat, pasti keliatan udelnya.

namun yang bikin lucu adalah, kalo ada wanita (mungkin lebih enaknya disebut cewek kali ya), yang mengenakan rok pendek banget, kemudian duduk, lalu dia sibuk menarik-narik roknya agar bisa menutupi pahanya yang terbuka. kan lucu jadinya. kalo tahu dan sadar bahwa kalo duduk roknya pasti akan naik keatas dan pahanya keliatan, ya jangan pake rok pendek dong. udah aja pake rok panjang atau celana panjang, kan lebih enak. nyaman buat diri sendiri. kalo udah begitu kan nyusahin diri sendiri.

hal ini juga sama kejadiannya dengan yang pake kemeja lengan agak panjang namun panjang kemejanya hanya sampe pinggang. kalo berjalan atau mengangkat sesuatu, pasti keliatan kan udelnya. kemudian sibuk bersusah payah menarik ujung bajunya agar udelnya engga keliatan. ini gimana sih maunya... mbok ya mikir gitu lho...

sebenarnya dan sesungguhnya, wanita itu makhluk ciptaan Alloh yang dimuliakan derajatnya. bahkan 'surga itu ada di telapak kaki ibu'. yang disebut ibu itukan wanita, perempuan. tapi kenapa koq wanita sendiri merendahkan derajatnya dengan mengumbar auratnya kemana-mana.

jujur saja, aku kasihan dan prihatin melihat cara berpakaian wanita saat ini.

(dari hasil pengamatan, perbincangan, dan diskusi antar teman)