PerformancingAds

Thursday, April 13, 2006

Masih perlu belajar sabar...

Hari selasa kemarin merupakan hari yang penuh godaan untuk kesabaranku. ceritanya dimulai ketika aku berangkat kerja. seperti biasa, lalu lintas rada padat, tapi masih lancar. kendaraan tidak bisa dipacu dengan kencang. di daerah selepas cipinang, ketika aku sedang berada dibelakang motor orang lain (posisiku di sebelah kanan), tiba-tiba aku merasa kendaraanku agak oleng. reflek aku langsung nengok ke kanan. ternyata, mobil disebelah kananku menyendul kendaraanku. sebuah taruna warna abu-abu.

aku langsung mengurangi kecepatan untuk menjajari mobil itu. aku tatap yang nyetir, eh ternyata perempuan. aku rada penasaran, kenapa mesti nyenggol. namun aku masih bisa nahan diri, hanya melototin si pengemudi. sebenarnya, kalo aku mau, aku bisa perpanjang urusannya. cuman aku males harus ribut hanya karena kesenggol dikit. emang sih aku engga sempat liat apa yang kena. cuman aku yakin kayaknya kena knalpot. jadi ya udah lah.

eh, engga tahunya, pas mau flyover sahardjo, aku dipepet kiri kanan oleh innova dan panther. beneran deh, padahal sudah tahu ada kendaraanku ditengah, eh malah mereka berdua pada mepet. aku yakin si innova yang mepet, karena panther posisinya sudah habis dipinggir kanan. begitu ada celah, langsung melejit deh. sabar.. sabar..

sampe di kantor, ada lagi kejadian yang bikin rada spaneng. waduh, kalo yang ini, bikin aku hampir meletup. aku udah ngeri aja, karena aku sendiri kadang takut kalo aku sudah mulai meletup. pokoknya engga deh. makanya aku berusaha sekuat tenaga untuk menurunkan tekanan. mungkin akumulasi dari yang tadi kali ya. jadinya agak repot nih menurunkannya. sudah agak turun, eh naik lagi. turun, naik lagi.

alhamdulillah, akhirnya setelah makan siang sudah lebih reda. untunglah. sebelumnya aku sudah hampir engga tahan, aku mikir kalo sampe meletup, wah bisa rame. apalagi pemicunya hal yang sepele. aduh engga deh. bisa bikin repot nantinya.

ternyata memang kesabaran itu masih harus terus diasah, dipelajari, sehingga pemicu yang bagaimanapun bisa diantisipasi. mungkin aku sudah harus belajar sabar lagi kali ya. karena baru kali ini lagi, aku sampai harus menahan karena hampir meletup. hampir kewalahan deh. alhamdulillah masih diberi kesabaran yang bisa meredakan dan memadamkan gejolak hawa panas dalam diri.

satu hal yang sering aku perhatikan, bila orang sudah meledak, omongan bahkan tindakannya bisa diluar kontrol. yang ada hanyalah pelampiasan dari rasa amarah yang membludak. mengerikan sekali. lebih banyak yang dirugikan karenanya.

aku jadi ingat tulisan yang aku dapat entah dari mana, amarah itu ibarat kuda liar yang harus dikekang agar kita tidak lepas kendali. sekali amarah bisa dikendalikan, energi yang ditimbulkannya bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. tapi kalo tidak bisa dikendalikan, dia akan menghabiskan energi yang kita miliki.

it's up to you, believe it or not

Comments on "Masih perlu belajar sabar..."

 

post a comment